Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ] [ Maps ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Mapanraq sonaiq toaq Mongeaq sonai toaq Muaq iq-o bandi Usimonge-mongeang."
Susah dan merana tak kan mengapa Sakit pedih biarkan daku Asalkan dikau Membalas kasihku
PERISTIWA
KADES Katumbangan Menang Dalam Putusan KI Sulbar
SulbarDOTcom - KADES Katumbangan Menang Dalam Putusan KI Sulbar
Sidang KI Provinsi Sulawesi Barat

 Penulis
: SIARAN PERS
 Rabu, 11 Maret 2020 00:51:36  | Dibaca : 830 kali
 
Sulbar.com - Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Barat, pada hari Rabu, 11 Maret 2020 telah menggelar beberapa sidang ajudikasi nonlitigasi atas kasus sengketa informasi publik Diantaranya persidangan lanjutan atas sengketa informasi publik dengan registrasi sengketa No.001/REG-PSI/KI-SB/I/2020 antara LSM Aliansi Masyarakat Peduli kebenaran dan Keadilan (AMPERAK) Polman sebagai Pemohon dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Kab. Mamasa sebagai Termohon serta siding lanjutan atas sengketa informasi publik dengan registrasi sengketa No.003/REG-PSI/KI-SB/I/2020 antara M. Patman aktivis LSM MANDAT sebagai Pemohon dengan Kepala SDN 011 Tumpiling Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar sebagai Termohon. Kedua kasus sengketa tersebut, rencana dilanjutkan pada persidangan berikutnya dengan agenda pembacaan putusan pada 24 Maret 2020 mendatang.

Mengenai kasus sengketa informasi publik, dengan registrasi sengketa No.002/REG-PSI/KI-SB/I/2020 antara Suardi, SIP Sekertaris Lembaga Advokasi Masyarakat Desa (LSM LEMDES) sebagai Pemohon dengan Kepala Desa Katumbangan Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar sebagai Termohon, telah memasuki sidang pembacaan putusan.

Karena kasus sengketa informasi publik tersebut telah beberapakali dilakukan persidangan ajudikasi nonlitigasi mulai dari persidangan awal sejak tanggal 15 Januari 2020, kemudian dilanjutkan dengan proses mediasi yang gagal hingga sidang-sidang lanjutan berikutnya berupa agenda pemeriksaan setempat, sidang pokok perkara, pembuktian dan kesimpulan.

Sidang pembacaan putusan dimulai sekitar pukul 10.30 Wita dilakukan oleh Majelis Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Barat yang bertugas menyidangkan sengketa tersebut yaitu Andi Fachriady Kusno selaku Ketua merangkap Anggota, Dulhaj Muchtar Mahmud dan Andi Ishaq Abdullah masing-masing sebagai anggota dengan didampingi oleh Hj Rosdiana B, sebagai Panitera Pengganti, serta dihadiri oleh Suarid, SIP selaku pihak Pemohon dan Nuranda Tato, SE. Kepala Desa Katumbangan Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar selaku pihak Termohon.

Dalam amar putusan Majelis Komisioner, diputuskan bahwa Menolak Permohonan Pemohon untuk seluruhnya dengan pertimbangan pada kesimpulan Majelis antara lain bahwa alasan dan tujuan Pemohon dalam pengajuan permohonannya adalah tidak relevan atau tidak memiliki tujuan yang jelas selaku Pemohon perseorangan, sesuai UU No. 14 Tahun 2008 dalam hal mekanisme meminta dan memperoleh informasi publik. Juga diakui dalam fakta persidangan bahwa tidak ada kerugian materil bagi Pemohon jika informasi itu tidak diberikan Termohon, Pada amar putusan juga dinyatakan bahwa informasi yang diminta oleh Pemohon menyangkut dokumen yang dikuasai oleh Termohon yaitu Peraturan Desa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa untuk tahun anggaran 2016, 2017, 2018 dan 2019 berserta lampiran-lampirannya merupakan informasi yang bersifat terbuka. Masing-masing pihak yang tidak setuju dengan putusan tersebut, sesuai UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dapat mengajukan proses banding ke PTUN dengan jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja sejak salinan putusan KI Sulbar diteima oleh pihak yang bersengketa.


 
Tag : mamuju
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : SIARAN PERS

Berita diatas adalah siaran pers (press release) yang secara resmi dikirim ke email redaksi. Tanggapan atasnya bisa dikirim melalui email: redaksi@sulbar.com


ARTIKEL TERKAIT
Warga Salobatu Minta Sarana Air Bersih
Ketua MUI Sulbar: Ulama Jangan Berani Kandang
Sukses Kawal Pilbup, TNI Polri di Mamuju Senam Bersama
Ini Alasan Jubir Habsi dorong Sybli
Dorong Penetapan Harga TBS Bebas Maladministrasi, Ombudsman Periksa Dishutbun Sulbar
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2019 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 1,611,713

web server monitoring service RSS