Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Accur tongani ateu Marere rapang sia Sawaq batammu Usenga, usalili."
Betapa remuk redamnya hatiku Hancur luluh bagaikan garam Disebabkan tubuhmu Yang selalu kukenang, senantiasa kurindukan
PERISTIWA
Malam ini, Panitia FBS 2015 Gelar Bioskop Budaya di Unasman
SulbarDOTcom - Malam ini, Panitia FBS 2015 Gelar Bioskop Budaya di Unasman


 Kamis, 17 September 2015 07:46:42  | Dibaca : 1296 kali
 
Sulbar.com - Malam ini Panitia Festival Budaya Sulbar (FBS) 2015 akan menggelar bioskop budaya berupa pemutaran dan diskusi bedah filem dengan berbagai tema dan genre di Kampus Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) Manding Polewali Mandar. Kegiatan yang digelar tersebut merupakan rangkaian pembukaan acara yang Festival Budaya Sulawesi Barat 2015.

Abdul Muttalib, selaku tuan rumah lokal Unasman, kepada SulbarDOTcom ditengah persiapan venue acara pemutaran filem di Pelataran Masjid Pancasila Kampus Unasman menyebutkan, kegiatan ini adalah kegiatan pra pembukaan bagi serangkain kegiatan Festival Budaya Sulbar 2015 yang akan digelar di beberapa tempat.

"Saya kira ini adalah kegiatan yang penting sekali, mengingat kegiatan ini adalah rangkaian pembukaan dari setumpuk agenda festival yang akan dihelat untuk menyambut hari ulang tahun provinsi ini, sehingga sengaja kami menerima tawaran Bioskop Budaya berupa pemutaran dan diskusi serta bedah filem di Unasman ini untuk menjadi ajang kreativitas mahasiswa sekaligus pembelajaran. Karena dalam pemutaran filem malam ini, kami juga akan melakukan diskusi dan bedah atas filem yang kita putar ini," urainya.

Ia menyebutkan, selain di Unasman agenda yang sama juga akan digelar di beberapa Perguruan Tinggi yang ada di Sulawesi Barat. "Khusus untuk kegiatan pemutaran filemnya, selain akan dibuka di Unasman tersebut juga akan digelar kegiatan serupa di Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) besok malam (18/9) di Pelataran Gedung Rektoran Kampus Unsulbar. Bahkan juga sesuai rencana akan digelar pula di Universitas Tomakaka Mamuju," sebutnya.

Abdul Muttalib yang juga adalah dosen bahasa dan sastra Unasman tersebut juga mengatakan, kegiatan ini akan menjadi ruang diskusi sekaligus ruang pembacaan, untuk menajamkan apresiasi mahasiswa Unasman terhadap filem sebagai sebuah karya kesenian bahkan kebudayaan. "Saya pikir ini adalah cara lain yang mesti kita sambut baik, dalam rangka mendorong mahasiswa untuk memilii kepekaan yang untuk itu bisa dilakukan dengan jalan mengapresiasi filem sebagai sebuah karya seni," tuturnya.
 
Sekedar diketahui, Fastival Budaya Sulbar 2015 sendiri digawangi langsung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat dengan mengangkat aspek yang berkaitan erat seperti sejarah, seni budaya, dan pendidikan multi kultur. Sejatinya puncak kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari penuh mulai dari tanggal 20-21 September 2015 dan dipusatkan di lapangan Merdeka Kota Mamuju.

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan sehubungan dengan pelaksanaan even budaya, selain bioskop budaya ini, juga akan digelar karnaval budaya, kunjungan budaya, pameran fotografi budaya, seminar budaya nasional, pameran kebudayaan, pagelaran seni pertunjukan dan kesenian tradisi.  Mulai dari kebudayaan pedalaman hingga pesisir akan dipertunjukkan ke khalayak umum, dari sekian komunitas budaya/suku yang hidup di Sulawesi Barat. [YAT/YAT]
 
Tag : polman
 
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 565,822

web server monitoring service RSS