Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ] [ Maps ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Usurung mallete lembong Matindo manu-manu Maq ayumai Dalle pole dipuang."
Walau harus menyeberangi lautan Tidur laksana burung Demi berikhtiar/berusaha Rezeki dari Yang Maha Kuasa
PERISTIWA
Hastuti Indriani, Tanpa Pelibatan Perempuan, Bukanlah Demokrasi
SulbarDOTcom - Hastuti Indriani, Tanpa Pelibatan Perempuan, Bukanlah Demokrasi
Hastuti Indriani, SE Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat

 Rabu, 13 Januari 2016 20:18:59  | Dibaca : 1106 kali
 
Sulbar.com - Kendati Pemilihan Gubernur (Pilgub) masih terbilang lama, namun eskalasi wacananya telah mulai menyeruak dan menyemarak. Setidaknya itu jelas tertutur baik saat SulbarDOTcom mewawancarai Hastuti Indriani, legislator DPRD Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) kemarin dulu di Polewali.

Kepada SulbarDOTcom, Indri sapaan akrabnya menuturkan, untuk Pilgub ke depan, pelibatan perempuan itu niscaya, mengingat semua segmen kehidupan termasuk even Pilgub yang tidak melibatkan perempuan bukanlah demokrasi. "Demokrasi tanpa pelibatan perempuan, bukanlah demokrasi yang sejati," tegasnya singkat.

Pelibatan perempuan, bagi perempuan yang telah malang melintang dalam dunia politik dan tercatat telah tiga periode duduk sebagai legislator dari Partai Golkar di DPRD Provinsi Sulbar ini adalah mutlak. Sebab bagi Indri, perempuan memiliki modal yang besar, dengan jumlah pemilih yang begitu banyak.

Sehingga akan lebih baik, menurut Indri, sekira ada calon dari perempuan untuk maju di Pilgub nanti, "tetapi dengan satu catatan, perempuan yang maju kelak itu adalah perempuan yang memiliki visi dan misi yang jelas. Juga memiliki kapasitas yang mumpuni. Sebab Sulbar adalah provinsi baru yang besar, maka harus dikelola oleh  gubernur yang cerdas, cekatan dan hebat serta konsern terhadap persoalan-persoalan perempuan," tuturnya dalam nada yang bertenaga.

Lebih jauh perempuan berdarah jawa ini mengatakan, persoalan perempuan yang paling nyata kini amatlah kompleks, salah satuya adalah jumlah gizi buruk, angka kematian perempuan saat melahirkan, "semua ini butuh perhatian yang serius serta support yang maksimal dari penentu kebijakan, termasuk perhatian serius dari calon pemimpin Sulbar ke depan," tegas legislator perempuan yang kini duduk sebagai anggota komisi IV DPRD Sulbar ini.

Saat ditanya seputar nama figur yang laik dimatanya untuk memimpin Sulbar, dengan tangkas pula diplomatis, Indri mengatakan, "gubernur Sulbar ke depan bukan hanya pada figurnya saja, tetapi pemimpin itu harus memiliki kapasitas untuk membangun dan memiliki kepekaan serta intuisi yang jelas terhadap dinamika sosial kemasyarakatan. Karenanya kita harus melihat, kepentingan, kebutuhan dan keinginan kita di Sulbar ini."

Baginya, yang terpenting kini adalah, figur yang harus muncul ke depan itu, harus jelas visi misinya. "Kita butuhkan perempuan yang tegas dan punya prinsip. Sebab kalau tidak, malah kita takutkan justru akan menjadi bumerang bagi kaum perempuan di Sulbar ini. Artinya bukan asal perempuan. Tetapi perempuan yang cakap, cerdas dan memiliki kapasitas dan komitmen terhadap perempuan".

Masih menurut Indri, legislator dari daerah pemilihan Mamuju Tengah ini, sudah saatnya kini, perempuan menyatukan langkah untuk kepentingan dan kesejahteraan perempuan. "Kita harus melihat calon yang digadang-gadang itu, apakah punya visi tentang perempuan. Karena kita tidak menginginkan pemimpin Sulbar ke depan adalah mereka yang mengabaikan perempuan dalam kebijakannya."

Makanya, lanjut Indri, dibutuhkan calon gubernur yang cerdas dan peduli terhadap perempuan. "saya mengajak semua perempuan Sulbar untuk mendukung calon gubernur yang konsern terhadap persoalan perempuan. Calon gubernur yang cerdas dan memiliki kepedulian serta konsep pemikirannya jelas bagi daerah kita ini," tandasnya sesaat sebelum dirinya bertolak ke Makassar siang itu. [yat/yat]
 
Tag : mamuju  polman 
 

ARTIKEL TERKAIT
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 691,396

web server monitoring service RSS