Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ] [ Maps ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Mesa kada dipatua, pantang kada dipomate"
Berpegang teguh pada satu kata, ingkar janji taruhannya adalah nyawa
PERISTIWA
Ketua Balegda Majene Gelar Sosialisasi Prolegda 2016
SulbarDOTcom - Ketua Balegda Majene Gelar Sosialisasi Prolegda 2016


 Penulis
: MUHAMMAD IRSYAN
 Senin, 22 Februari 2016 14:38:43  | Dibaca : 534 kali
 
Sulbar.com - Bertempat di Cafe Dian Kelurahan Leppe Majene, Ketua Badan Legislasi Daerah (Balegda) Kabupaten Majene, Abdul Wahab, SH menggelar sosialisasi sosialisasi Program Legislasi Daerah (Prolegda).

Dalam acara yang digelar Minggu 21 Februari 2016 sekitar pukul 10.00 wita kemarin itu, Abdul Wahab menjelaskan bahwa Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) itu terdiri dari Ranperda inisiatif Pemda atau eksekutif dan Balegda atau legislatif.

Disampaikannya juga, bahwa sosialisasi Prolegda tersebut bertujuan untuk menyatukan persepsi antara peserta yang terdiri dari pelajar dan masyarakat umum lainnya dengan badan penyelenggara sosialisasi yang terdiri dari pemerintah daerah.

"Saya kira ini adalah upaya baik untuk mempertemukan sekaligus menyamakan persepsi tentang bagaimana semua stakeholder pembangunan di kabupaten melihat Ranperda yang akan kita dorong di tahun 2016 ini," ujar Wahab.

Tampak, acara sosialisasi tersebut berjalan sesuai dengan alur penyatuan persepsi. Dibuktikan dengan tingginya respon berupa  pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta.

Abdul Wahab saat menjawab salah satu pertanyaan dari peserta sosialisasi mengenai sinergitas Pemkab Majane dengan DPRD Majene menyebutkan, baik Pemkab maupun DPRD sama memiliki kewenenangan untuk merumuskan Ranperda dalam satu paket.

"Sebenarnya sinegritas Pemkba Majene dengan DPRD Majene dalam membahas dan merumuskan rancangan peraturan daerah adalah satu paket. Namun dalam perumusan suatu peraturan daerah, Tim Prolegda Pemkab Majene memiliki tim tersendiri. Begitu pula dengan DPRD yang juga memiliki Balegda," jelasnya.

Karena sama memiliki ranperda itulah, maka Pemkab dan DPRD duduk satu meja untuk membicarakan dan menyetujui Ranperda yang harus menjadi Prolegda di tahun berjalan.

"Pemkab dan DPRD akan duduk bersama dengan tujuan membicarakan dan menyetujui setiap Ranperda yang telah diusulkan oleh kedua belah pihak ini untuk kemudian dimasukkan dalam dokumen Prolegda yang masuk dalam skala prioritas," ujarnya.

Ditambah Wahab, khusus Ranperda yang lahir melalui hak inisiatif DPRD Kabupaten Majene untuk tahun 2016 telah ditetapkan dan disepakati adalah Ranperda tentang penanggulangan dan pencegahan Narkoba, Pengelolaan Sampah, Pelayanan Publik, Pengelolaan Cagar Budaya dan Pembentukan Museum Daerah serta Ranperda yang mengatur tentang Posyandu. 
 
Tag : majene
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : MUHAMMAD IRSYAN

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, alumnus Unasman ini juga bergiat di Walhi Sulbar, PMII dan kader GP Ansor Cabang Majene

ARTIKEL TERKAIT
PMII Majene Gelar Aksi Damai di Bundaran Majene
Tahun Terakhir, Utang AAS untuk Ulumanda Ditagih
Ical dalam Pusaran Politik
Andi Ruskati: Pancasila Minimalisir Produk Barat
26 Maret 2016, Haul Prof Dr. KH. Sahabuddin kembali diperingati
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 652,457

web server monitoring service RSS