Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ] [ Maps ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Inggai para mattinja Para malloa-loa Batattaq bappa Mala dai si pake."
Marilah kita berikrar Sama berjanji Semoga hubungan yang penuh kenangan ini Dapatlah hendaknya terjalin dengan mesrah
PERISTIWA
Bersih-bersih Mamuju Terus Berlanjut
SulbarDOTcom - Bersih-bersih Mamuju Terus Berlanjut

 Penulis
: LISA SARI DEWI
 Jumat, 4 Maret 2016 22:25:42  | Dibaca : 1180 kali
 
Sulbar.com - Menjadikan Mamuju menjadi kota bersih, tidak cukup hanya dengan beragam program inovatif pemerintah daerah seperti Gerakan Mamuju Mapaccing yang saat ini tengah digalakkan. Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Mamuju Daud Yahya mengatakan, perlu sokongan infrastruktur sosial lain untuk  kelanjutan program tersebut. Program mestinya tidak hanya lahir dari pemerintah sebagai instrumen acuan publik yang berlaku temporer. Tetapi juga penting muncul program yang berkelanjutan dengan tingkat kesadaran yang tinggi dari masyarakat itu sendiri.

Aspek infrastruktur sosial tersebut diharapkan datang dari landasan berbudaya yang jelas. “Adanya budaya Siri’ yang timbul dari masyarakat sendiri,” ujarnya.

Budaya Siri’ ini dijelaskan Daud Yahya sebagai budaya malu untuk membuang sampah sembarangan atau budaya malu jika lingkungan dan rumah masing-masing terlihat kotor. “Saya yakin bahwa masyarakat Mamuju ini adalah masyarakat yang berbudaya. Santun dan taat akan agama yang sudah mengajarkan kita bahwa kebersihan itu adalah sebagaian dari iman,” Ujarnya Jumat (4/2/2016).

Olehnya itu sebagai langkah awal untuk memacu budaya malu tersebut, Pemerintah turun langsung untuk memperlihatkan kerja maksimalnya. “Karena sebetulnya upaya yang di lakukan oleh Pemerintah terkait kebersihan ini sejalan dengan progam Mamuju Mapaccing dan digagas oleh Bupati dan Wakil Bupati Mamuju. Dan kita mengharapkan peran masyarakat, itulah yang terpenting,” tambahnya.

Senada dengan itu, Ketua tim perumus Gerakan Mamuju Mapaccing yang juga Asisten I Pemkab Mamuju Muhammad Syahrir, menyampaikan bahwa program 100 hari Gerakan Mamuju Mapaccing ini bersifat penyadaran. Sasaran utamanya itu adalah masyarakat. Dibantu oleh pemerintah yang akan bergerak lebih awal untuk memperlihatkan kepada masyarakat bahwa inilah  bukti yang Pemerintah berikan untuk Daerah. Tetapi itu perlu kerja sama dan Kesadaran bersama antara Pemerintah dan Masyarakat.

“Tantangan kita adalah menyadarkan Masyarakat akan kebersihan dan ini akan berlanjut lagi untuk 100 hari kedepan oleh Lurah dan Camat untuk tak hentinya menghimbau kepada masyarakatnya jika itu tidak dilaksanakan adakan ada sangsi tegas yang akan di berikan oleh Pemerintah” Pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini juga melibatkan seluruh SKPD, dan Seluruh Staf Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju dan di dukung oleh Instansi Pemerintah lainnya. Baik TNI, Polri, Badan Sosial, dan lembaga lainya.
 
Tag : mamuju
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : LISA SARI DEWI

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, dirinya juga bergiat sebagai photographer freelance dan tim kreatif event organizer

Artikel Terkait
Kawal Natal-Tahun Baru, Ansor Sulbar Siapkan Banser
Ini Enam Ranperda Prioritas DPRD Mamuju
Musrenbang Jadi Kunker Pertama Bupati
Penambahan Kursi Anggota DPR, Angin Segar Bagi Sulbar
Sabtu Besok Giliran DPC Demokrat Muscab Serentak
 
Komentar
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2019 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 1,366,900

web server monitoring service RSS