Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Menangi kaccang tunggara Menangi na sumobal Tanda mokau Tuali di lolangan."
Semakin kencang angin tenggara Semakin layar terkembang Suatu pertanda pantang mundur Balik surut dari samudera luas
PERISTIWA
FKPD Kabupaten Mamasa Bincang Penertiban Galian C
SulbarDOTcom - FKPD Kabupaten Mamasa Bincang Penertiban Galian C


 Jumat, 8 April 2016 21:24:23  | Dibaca : 661 kali
 
Sulbar.com - Dinilai telah mengganggu sepanjang jalan poros Mamasa, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Mamasa, yang terdiri dari Bupati, DPRD, Kejaksaan Negeri dan Polres Mamasa, Dandim 1402, Lembaga Swadaya Masyarakat dan Pers membicang  penertiban tambang galian C di Gedung DPRD Mamasa, Kamis 7 April 2016 lalu.

Dalam pemaparannya, Bupati Mamasa, H. Ramlan Badawi mengatakan, Tambang galian C pada jalan poros Malakbo-Mamasa sangat mengancam kelangsungan pembangunan Jalan Poros Mamasa. "Kesepakatan dengan masyarakat telah dibuat dan mereka berjanji, jika bantuan diberikan akan pindah tempat namun lambat-laun kesepakatan itu tidak diikuti sedangkan sosialisasi dan pemberian bantuan telah diberikan sehingga akan ditindak tegas bagi yang tetap melanggar," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD, Martinus Tiranda menekankan, FKPD dan LSM harus membuat kesepakatan bersama agar memperkuat proses penertiban tambang sehingga benar-benar ada sangsi yang tegas bagi yang melanggar.

Senada dengan itu, Anggota DPRD, Manggowali menjelaskan, "yang sangat parah adalah aktivitas galian dengan alat berat, sehingga sangat diharapkan masyarakat yang ada tetap menjadi pertimbangan agar sumber pendapatannya tidak terganggu".

Sedangkan, anggota DPRD Alpolem menegaskan, penertiban itu memang harus dilakukan secara tegas sehingga walaupun Rp 100 juta yang diberikan tetap hasilnya akan sama bahkan warga lain akan meniru hal itu dengan anggapan ada yang sering diberi bantuan, kalau perlu di transmigrasikan di wilayah Kabupaten Mamasa.

Ketua Fraksi Demokrat, Yohanis Buntulangi mengungkapkan. Faktor penyebab sehingga masalah tersebut berlarut-larut karena ada tidak ada kata sepakat secara serius dari FKPD, penggalian ilegal tersebut harus ditindak tegas siapapun itu. Jika perlu ditangani secara hukum.

Anggota DPRD, Rosmiati menjelaskan,  kiranya dalam penertiban tersebut tetap memperhatikan berbagai aspek yang dapat dianggap mengganggu sumber pendapatan masyarakat sehingga lokasi tambang baru harus diperhatikan.

Sedangkan Kepala Kejaksaan Negeri Mamasa, Muh. Fauzan menegaskan, Galian tersebut sangat mengganggu lalulintas jalan sehingga harus ditindak secara preventif bahkan represif namun sosialisasi perlu menjadi langkah pertama karena para penambang juga bagian dari masyarakat Mamasa.

Sedangkan Kasat Reskrim, Polres Mamasa, AKP. Syamsuriansyah menegaskan, penertiban pada lokasi tersebut khususnya dirana hukum dapat dikenakan undang-undang lingkungan hidup dan berbagai aturan pendukung lainnya.

Perwira Penghubung Dandim 1402, Mustaan menjelaskan, faktor utama yang menyebabkan galian tetap berjalan karena adanya peluang sehingga baiknya penertiban dilakukan dengan secara pemasangan papan  himbauan. [FCR/YAT]
 
Tag : mamasa
 
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 547,421

web server monitoring service RSS