Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ] [ Maps ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Muaq tongano muane Pattandai mo-oq galung Nadiengei Sipettombangan cera."
Bila anda betul pahlawan Tunjukkanlah lokasi dan lapangan Akan di tempati Sama bergelimang di telaga darah
FEATURE
LDK Al Nabhani Unasman Kaji Dakwah Melalui Tulisan
SulbarDOTcom - LDK Al Nabhani Unasman Kaji Dakwah Melalui Tulisan


 Penulis
: MUHAMMAD SUKRI
 Minggu, 17 April 2016 22:10:13  | Dibaca : 886 kali
 
Sulbar.com - Malam itu, Jumat 15 April sekitar Pukul 20.00 wita Masjid Pancasila Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) yang berada di Jalan Budi Utomo Nomor 02 Kelurahan Madatte sontak kembali ramai dengan kegiatan kajian penulisan. Padahal, baru saja sekitar sejam yang lalu Masjid itu juga disesaki dengan sejumlah mahasiwa yang mengikuti pengajian rutin sebagai bahagian dari mata kuliah.

Namun semangat mengaji dan mengkaji itu kembali ramai oleh sejumlah mahasiswa Unasman yang tergabung dalam Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al Nabhani sebagai bahagian dari kelanjutan pesantren penulisan yang sebelumnya sempat vakum beberapa waktu yang lalu.

Seperti sebelumnya, pesantren penulisan ini kembali menghadirkan Muhammad Syariat Tajuddin, Pemimpin Redaksi Media Online SulbarDOTcom sebagai teman diskusi dan berbagi diseputar penulisan mulai dari penulisan proposal penelitian, jurnaslistik hingga penulisan kreatif lainnya.

Dari seluruh peserta kajian pesantren penulisan itu, tampak kebanyakan masih terjebak pada problem teknik penulisan dan beberapa problem lain dalam melakukan kerja-kerja kreatif penulisan, termasuk penulisan karya ilmiah.

Berangkat dari problem itulah, LDK Al Nabhani Unasman kembali mengaktivasi dan menginisiasi kegiatan kajian rutin pesantren penulisan yang pada awalnya diletakkan oleh Penyair dan Budayawan, KH.D. Zawawi Imron saat ia berkunjung ke Unasman.

Perlu dicatat, sebagai kegiatan kajian rutin, sebelumnya telah ada pertemuan perdana dan diawali dengan merumuskan beberapa rumusan masalah penulisan. Kajian tersebut diikuti pula oleh pengurus LDK Al Nabhani Unasman.

Tercatat sebanyak lima belas orang pengurus lintas fakultas tampak dengan memakai peci serta sarung dan mukena memberikan ciri khusus atau karakter pesantren penulisan. Di tambah lagi duduk halaqah seperti yang di laksanakan oleh nabi menyerupai lingkaran tali tasbih melingkar dan mendengarkan penyampaian ilmu pengetahuan.

Dosen Unasman yang akrab disapa, Syariat itu, kepada pengurus LDK Al Nabhani Unasman menuturkan, kegelisahan yang ditemui pada proses kajian, utamanya pada penulisan karya ilmiah adalah calon penulis tidak mengetahui secara pasti rumusan masalah yang akan dikaji.

"Makanya seorang penulis harus mengetahui data dan fakta agar rumusan masalahnya dapat terjawab kemudian ide dan gagasan peserta belum terbangun secara sempurna sehingga sedikit menghambat proses penulisan. Artinya, ketika ingin menjadi seorang penulis yang harus dilakukan adalah secara disiplin dan berkelanjutan melakukan pencatatan terkait kelebatan gagasan dan idenya. Setelah dicatatkan dan kemudian dilakukan pelacakan-pelacakan secara reguler atas kekurangan dan kelemahan pada tulisan yang telah dibuat sebelunya itu,” ungkapnya.

Lebih jauh Syariat mengatakan, seorang penulis dalam mengawali tulisan hendaknya melakukan pembacaan. "Membaca ada dua macam yakni membaca peristiwa atau fenomena dan membaca kitab atau buku. Keduanya adalah satu kesatuan yang utuh sehingga dalam hal pembacaan peristiwa akan didukung dengan pembacaan buku atau referensi yang telah di pelajari sebelumnya. Bahkan cara untuk mendaptkan ide dan gagasan tersebut dilakukan dengan mengerjakan dua hal pokok yang tersebut di atas. Kemudian hendaknya seorang penulis membuat tulisan dengan hatinya agar hasil tulisan yang di lahirkan dapat membawa kebaikan bagi siapapun yang membaca tulisan yang dibuatnya".

Syariat juga menuturkan, "ketika sahabat-sahabat sering melakukan penulisan maka dengan sendirinya akan terbangun pola penulisan yang baik".

Begitu antusiasnya peserta pada malam itu, saat pemateri mengupas secara bertahap problem penulisan yang menjadi kegelisahan pengurus LDK Al Nabhani Unasman diantaranya proposal penelitian, novel, kehidupan, jurnalistik, dan opini. Terlebihnya lagi peserta dibekali pula dengan kecakapan standar untuk menganalisa segala peristiwa yang terjadi di masa lampau maupun di hari ini.

Akhirnya peserta kajian semakin mempunyai banyak referensi tentang penulisan dan segera ingin menyertakan dirinya untuk menulis. Sesuai ungkapan salah satu peserta kajian, Karmuji yang juga kader LDK Al Nabhani Unasman, "saya ingin menulis sejarah kampung saya di wonomulyo dengan melakukan tekhnik wawancara kepada pelaku-pelaku sejarahnya".

Hingga pada proses kajian tersebut hampir telah selesai mahasiswa masih memperhatikan secara seksama dan penuh dengan keseriusan serta berharap ke depan mempunyai tulisan yang layak dibaca oleh publik.

Di akhir pertemuan tersebut pemateri meminta kepada pengurus untuk bersholawat dan berdoa bersama. Tak lain dan tak bukan hanyalah untuk mengharap keberkahan ilmu dan berkah para waliullah dan para panrita, utamanya secara khusus kepada Annangguru, Prof. Dr. K.H Sahabuddin selaku pendiri Universitas Al Asyariah Mandar.
 
Tag : polman
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : MUHAMMAD SUKRI

Sekretaris Umum LDK Al-Nabhani, Divisi Kesekretariatan UKM Pers Mahasiswa Radikal juga Ketua umum BEM FAI Unasman

ARTIKEL TERKAIT
BPNB Makassar-Madatte Gelar Sosialisasi Program Seni Budaya
Melalui Musda, Azis Gozal Ketuai Muhammadiyah Polman
Jelang Ramadan, Disperindag Polman Bentuk Tim Pengendali Harga
Jajanan Sahabat yang Menggairahkan
Penuhi Undangan Warga, ABM kunjungi Mamuju, Mateng dan Matra
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 662,618

web server monitoring service RSS