Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Dipameang pai dalle Dileteangngi pai Andiang dalleq Mambawa alawena."
Rezeki harus dicari Dan dibuatkan titian Tiada rezeki Yang datang sendiri
PERISTIWA
Lagi, Anggota DPD Asal Sulbar Gelar Sosialisasi Empat Pilar
SulbarDOTcom - Lagi, Anggota DPD Asal Sulbar Gelar Sosialisasi Empat Pilar
KH. Muhammad Syibli Sahabuddin Anggota DPD dan peserta pengajian kebangsaan

 Senin, 18 April 2016 09:05:00  | Dibaca : 320 kali
 
Sulbar.com - Belakangan ancaman nasionalisme kian marak berkembangan di tengah masyarakat. Utamanya di tengah kian maraknya issu dis integrasi dan kian berkembangnya aliran pemikiran ideologi transnasional. Hal inilah yang menjadi dasar utama penyelenggaraan sosialisasi empat pilar di Banggae Kabupaten Majene Minggu 17 April Kemarin.

Dalam acara sosialisasi empat pilar itu, kembali KH. Muhammad Syibli Sahabuddin Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sulawesi Barat itu hadir ditengah warga untuk memberikan pemahaman mendasar diseputar masa lalu, kontek kekinian dan ke depan terkait dengan empat pilar itu.

Acara yang dibesut dalam kemasan pengajian kebangsaan itu kembali digelar sebagai rangkaian panjang sosialisasi yang tidak saja dianggap penting dibumikan, tetapi juga dipandang perlu selalu disuarakan disetiap forum-forum warga masyarakat dengan berbagai latar belakang dan profesi.

Dalam acara yang berlangsung sekitar pukul 19.30 itu, Syibli mengatakan, ihwal empat pilar adalah harga final dalam berbicara tentang semangat kebangsaan. "Karenanya acara seperti ini menjadi penting selain sebagai warning, juga sebagai upaya baik untuk kembali membaca peta ancaman di tengah perkembangan dan kemajuan kita sebagai bangsa. Harapan kita acara seperti ini menjadi momentum baik untuk mengingat betapa negara ini didirikan berangkat dari niat baik dan sebaiknya dikelolah dengan baik pula. Salah satunya adalah meneguhkan rekatan nasionalisme kita".

Ia melanjutkan, "ingat, kemerdekaan negara ini bukanlah pemberian. Tetapi perjuangan panjang yang telah membuat bangsa ini mandiri sebagai sebagai sebuah negara yang berdaulat. Dan agama hendaknya menjadi salah satu nilai dasar yang membuat kita kian dewasa memandang setiap perkembangan kebangsaan kita. Terlebih lagi, dahulu agama menjadi salah satu item penting dalam sejarah pergerakan nasional kita".

Selain itu Syibli juga mengatakan, antara agama dan nilai-nilai kebangsaan hendaknya berjalan beriringan, "utamanya dalam proses pertumbuhan dan perkembangan kita sebagai bangsa yang tengah bergerak maju menuju cita-cita luhur kita sebagaimana yang dibunyikan dalam Pancasila sebagai ideologi final kita," tutur Syibli seraya mengutip beberapa dalil-dalil Al quran yang menjelaskan tentang kaitan nilai kebangsaan dan perintah agama. [MRX/MRX]
 
Tag : majene
 
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 522,146

web server monitoring service RSS