Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ] [ Maps ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Menangi kaccang tunggara Menangi na sumobal Tanda mokau Tuali di lolangan."
Semakin kencang angin tenggara Semakin layar terkembang Suatu pertanda pantang mundur Balik surut dari samudera luas
PERISTIWA
Dusun Nekke Desa Taupe yang Tak Putus Dirundung Bencana
SulbarDOTcom - Dusun Nekke Desa Taupe yang Tak Putus Dirundung Bencana
Warga Dusun Nakke Desa Taupe Kabupaten Mamasa bergotong royong di lokasi longsor

 Penulis
: FRENDY CHRISTIAN
 Minggu, 8 Mei 2016 21:09:21  | Dibaca : 628 kali
 
Sulbar.com - Pasca bencana banjir yang menyapu rata puluhan hektar sawah milik warga di Dusun Nakke Desa Taupe Kabupaten Mamasa beberapa waktu lalu,  kali ini bencana kembali mendatangi. Adalah bencana tanah longsor kembali membuat jalan akses menuju dusun ini lumpuh total. Menyusul, hujan deras yang turun pada beberapa pekan terakhir ini. Tak tanggung-tanggung satu-satunya jalan penghubung Dusun Nekke dengan Ibu Kota Mamasa, pada Sabtu 07 Mei tertimbun longsor sepanjang kurang lebih 30 meter.

Sebelumnya, untuk mencapai Dusun Nekke dari Ibu Kota Kabupaten Mamasa dengan jalur normal bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua. Namun kini, dengan berjalan kaki sekalipun tidak lagi bisa dilalui. Dan bagi warga yang hendak menuju dan dari Mamasa kini terpaksa harus melewati jalur jalan alternatif.

Karena ditakutkan longsor susulan yang bisa terjadi kapan saja, mengingat curah hujan di wilayah ini masih terbilang tinggi, berbagai upayapun kini telah dilakukan oleh Kepala Dusun Nekke bersama warga dusun untuk kembali membuka akses jalan yang tertimpa longsor tersebut. Sayangnya peralatan yang digunakanpun masih mengandalkan sejumlah peralatan manual yakni, cangkul, skop dan linggis.

Peris (22) salah seorang warga yang juga terlibat dalam upaya membuka kembali akses jalan itu kepada SulbarDOTcom, siang tadi Minggu 8 Mei mengatakan, sejarah jalan penghubung Dusun Nekke dengan Ibu Kota Kabupaten Mamasa itu adalah jalan yang dibuat sendiri oleh warga yang saban saat melewati jalan tersebut.

"Jalan ini murni merupakan jalan dusun yang dikerjakan sendiri pembangunannya oleh warga. Bahkan hingga kini, jalan penghubung yang bagi kami amat vital ini belum pernah tersentuh oleh proyek pembangunan dari pemerintah. Tepatnya, akses jalan yang ada sekarang ini masih merupakan rintisan manual warga setempat," ujarnya.

Peris mengatakan, soal janji untuk dibangun sudah sangat sering didengarkan, utamanya jelang Pemilu, baik itu Pemilukada maupun Pemilu Legislatif. "Kalau dijanjikan ya, sudah banyak kali. Setiap masa kampanye baik Pilkada Bupati maupun Pemilu DPRD pasti dijanjikan perbaikan jalan. Biasanya para calon berlomba-lomba  datang kesini mengumbar janji yang begitu manisnnya kepada kami. Namun saat mereka terpilih, mereka kembali lupa. Andaikan pepatah, jika tak butuh lagi ya, dibuang. Setelah terpilih ya, sudah lupa," tutur Peris sambil menyeka keringatnya saat di temui di lokasi longsoran.
 
Tag : mamasa
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : FRENDY CHRISTIAN

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, dirinya juga banyak terlibat di berbagai kegiatan pencerahan dan penguatan kapasitas masyarakat dan di dunia kemahasiswaan di Mamasa

ARTIKEL TERKAIT
Menagih Janji Pak Bupati
SDN Saluledo Belajar ditengah Keterbatasan
Adu Kerbau Dalam Acara Mangngallun, Tradisi Unik Mamasa
Setelah Ramlan, Yahuda Politisi Demokrat Juga Resmi Daftar di PDIP
Kelompok Tani Tetean Lakukan Penyemprotan Serentak
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 662,623

web server monitoring service RSS