Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Pappeyappu daq di Puang Tannaratang paindoqna Si pekkedeang nurung Anna Muhamma."
Keyakinanlah kepada Yang Maha Pencipta Betapa terang cemerlangnya Sejajar dan searah nurung Dengan Muhammad
ULASAN
Koperasi, Pilar Pembangunan Ekonomi Rakyat
SulbarDOTcom - Koperasi, Pilar Pembangunan Ekonomi Rakyat


 Penulis
: MUHAMMAD SUKRI
 Senin, 6 Juni 2016 19:14:27  | Dibaca : 1273 kali
 
Sulbar.com - Dewan koperasi Indonesia wilayah sulawesi barat (Dekopinwil Sulbar) bersama dengan Lembaga Pendidikan Koperasi Nasional (Lapenkopnas) menggelar kegiatan koperasi, berupa pelatihan pemandu dasar satu atau di singkat PPD 1 (27/05) di buka 19.30 ba’da isya di Aula Tasha Centre Tinambung.

Sejumlah koperasi berkumpul dan mengikuti perhelatan kegiatan pelatihan tersebut. Sekitar enam belas koperasi dari dua kabupaten, polewali madar dan majene ikut menjadi peserta, dan masing-masing memiliki satu orang perwakilan. dari koperasi guru/pegawai, koperasi mahasiswa, koperasi serba usaha dan koperasi simpan pinjam.

Banyaknya persoalan yang acap kali terjadi dalam koperasi sehingga sangat sulit baginya untuk berkembang. para penggiat koperasipun resah melihat keadaan itu. sehingga lembaga perkopersaian seperti pendidikan koperasi di gelar untuk membangun kembali koperasi sebagai lembaga yang berperan untuk mensejahterakan ekonomi rakyat sesuai amanat dari undang-undang koperasi dan pesan bapak koperasi “bung hatta”.

Pada sesi pembukaan acara, direktur Lapenkopnas yang akrab di sapa Arifuddin yang juga berdarah Mandar itu mengajak seluruh peserta untuk menjadikan koperasi sebagai pembangkit perekonomian.

"Saya mengajak kepada seluruh hadirin yang hadir, mari memajukan perekonomian utamanya dalam lingkup social dengan berperan aktif sebagai pelaku koperasi. Koperasi maju karena inisiatif dari anggotanya. Koperasi tidak maju pun juga karena anggotanya. Selanjutnya bangkitkan kembali koperasi yang sedang stagnan itu agar beroperasi kembali," pesan Arifuddin kepada peserta.

Jumlah koperasi yang terdapat di Indonesia terbilang banyak namun sebagian diantaranya telah non aktif. Makanya sebelum hal itu berlarut para aktifis koperasi menginisiasi kegiatan pelatihan koperasi sebagai alternativ untuk mengantisipasi kecenderungan tersebut.

Sifat mengayomi dan kerjasama serta memiliki tujuan yang pasti. telah terdapat dalam koperasi yang berasaskan kekeluargaan, hal tersebut juga dinyatakan oleh warsis mawardi, pemandu nasional dari lapenkopnas, "bayangkan ketika koperasi hanya mementingkan perorangannya saja, maka yang sejahtera adalah hanya anggotanya. Padahal dalam prinsip koperasi. Sejahtera koperasinya dan sejahtera anggotanya. maka penting kiranya agar seluruh elemen pengurus dan anggota membangun visi dan misi yang sama, agar tujuan dari koperasi dapat terwujudkan," ujarnya setelah usai melakukan peran permainan.

Begitu pentingnya pendidikan koperasi. Para aktifis koperasi ingin melestarikannya kembali sebagai lembaga yang mampu menyongsong perekonomian Negara pada umumnya dan khususnya anggota serta pengurus koperasinya.

Menjelang Penutupan   

Kegiatan pelatihan berlangsung hingga hari ke empat. agar pelatiahan lebih terarah maka panitia mengundang beberapa orang mahasiswa dari Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) yang dibagi ke dalam dua kelompok. Sekaligus untuk menguji kedalaman pemahaman peserta pelatihan dari materi yang telah di terima selama berada di lokasi pelatihan. Kegiatan ini pun  juga sebagai latihan awal sebelum melakukan pendidikan koperasi di kantor masing-masing.

Adanya dialog dari para mahasiswa menambah gairah peserta pemandu. Berhubung semua peserta dari mahasiswa maka kopma aswaja unasman mempunyai kesempatan untuk diskusi dan berbagi pengalaman mengenai manajemen kepengurusan koperasi mahasiswa.

Hingga tiba pada detik-detik penutupan antusiasme mahasiswa tetap terlihat dan ikut terlibat dalam penutupan kegiatan. Bersama dengan para peserta yang sudah di nyatakan resmi menjadi pemandu koperasi.

Harapan terbersit dari perwakilan pemandu, sebut saja Kaharuddin kepada Lapenkop dan Dekopin "program seperti ini ada baiknya terus diadakan oleh panitia agar kami sebagai pemandu mempunyai banyak pengalaman dan referensi baru tentang koperasi dan kami juga sangat berterima kasih karena sudah di beri pengetahuan yang teramat berharga dalam lembaga kami, mudah-mudahan kami dapat melanjutkan kegiatan koperasi tersebut". ujarnya saat sambutan penutupan.
 
Tag : polman
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : MUHAMMAD SUKRI

Sekretaris Umum LDK Al-Nabhani, Divisi Kesekretariatan UKM Pers Mahasiswa Radikal juga Ketua umum BEM FAI Unasman
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 564,874

web server monitoring service RSS