Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ] [ Maps ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Batu toyang dilolangan Peatallangngoq-o naung Apaq nanaolai Lopinna tomasara nyawa."
Wahai batu dan karang di tengah samudera Tenggelam dan karamlah engkau Karena akan dilintasi Perahunya kelana yang merana
PERISTIWA
Sidang Ajudikasi Pertama Komisi Informasi Sulawesi Barat
SulbarDOTcom - Sidang Ajudikasi Pertama Komisi Informasi Sulawesi Barat


 Penulis
: SIARAN PERS
 Selasa, 4 Oktober 2016 00:35:18  | Dibaca : 804 kali
 
Sulbar.com - Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Barat yang baru dibentuk bulan Juni 2016 lalu, untuk pertama kalinya telah menggelar sidang Ajudikasi nonlitigasi atas permohonan penyelesaian sengketa informasi. Sidang tersebut dilaksanakan pada, Senin, 3 Oktober 2016 bertempat di ruang meeting lantai 2 gedung perkantoran Gubernur Sulbar. “ kami adakan dilokasi tersebut karena saat ini Komisi Informasi Sulbar belum memiliki ruangan tersendiri khusus untuk menggelar sidang. Dalam renja 2017, kami akan prioritaskan pengadaan ruang sidang yang sesuai standar serta sarana penunjang lainnya “ kata Ince Muh. Ishak Arif, S.H. selaku panitera dan Kasubag Administrasi Pengaduan dan Sengketa Informasi di Kantor Sekertariat Komisi Informasi Sulbar.

Acara sidang dimulai pukul 09.15 dan ditutup pukul 10.55 Wita dengan agenda pemeriksaan awal untuk para pihak yang bersengketa. Sidang Ajudikasi yang terbuka untuk umum ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Barat, Rahmat Idrus, SH,MH bertindak selaku Ketua Majelis dengan didampingi 2 (dua) Anggota Majelis yang juga Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Barat, yakni Andi Fachriady Kusno, ST dan Andry Pramono, S.Sos. Sementara komisioner lainnya, Dulhaj Muchtar Mahmud, SE sebagai mediator dalam proses penyelesaian sengketa informasi.

Pada sidang Ajudikasi ini dihadiri oleh Pemohon, Sdr. Arwin Haryanto yang beralamat di Desa Sugihwaras Kec. Wonomulyo Kab. Polewali Mandar Sulawesi Barat. Sementara pihak Termohon dari Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Pemukiman dan Penataan Bangunan (Satker PKP2B) Cipta Karya Provinsi Sulawesi Barat, tidak hadir meskipun sebelumnya telah dilayangkan surat panggilan. Karena pihak Termohon belum hadir, maka Ketua Majelis Sidang Ajudikasi Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Barat, memeruntahkan kepada panitera untuk memanggil kembali pihak Termohon dan menjadwalkan sidang berikutnya yang akan diadakan pada hari Rabu, 12 Oktober 2016 untuk menggali keterangan dan pemeriksaan lanjutan.

Adapun kronologi sehingga kasus tersebut ditangani oleh KI Sulbar, karena Pemohon telah mengajukan surat permohonan penyelesaian sengketa informasi terhadap salah satu Badan Publik yakni Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Pemukiman dan Penataan Bangunan (Satker PKP2B) Cipta Karya Provinsi Sulawesi Barat kepada Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Barat, tertanggal 14 September 2017. Dimana dalam berkas permohonan dilampirkan bukti surat permintaan informasi publik tertanggal 11 Juli 2016 dan surat keberatan tertanggal 11 Agustus 2016 yang tidak mendapat tanggapan secara tertulis dari pihak Satker PKP2B Cipta Karya Provinsi Sulawesi Barat selaku termohon dalam perkara ini.

Sekedar diketahui bahwa informasi yang diminta oleh pihak Pemohon terhadap Termohon dalam Sidang Ajudikasi Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Barat ini adalah Dokumen DED Lokasi lapangan Gaswon Kec. Wonomulyo Kab. Polewali Mandar, Dokumen Kontrak Revitalisasi Lapangan Gaswon Tahap I dan Dokumen Serah terima Tahap I Revitalisasi Lapangan Gaswon Kec. Wonomulyo Kab. Polewali Mandar. Menurut Aswin, informasi yang diminta bukanlah informasi yang sifatnya terttutup. “  itu adalah informasi publik yang harus bisa diakses oleh seluruh masyarakat. Mestinya pihak satker terbuka dan tidak terkesan menghalangi informasi tersebut “ Kata Aswin setelah mengikuti sidang.

Sumber :
Dokumen Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Barat
Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi 2016

 
Tag : mamuju
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : SIARAN PERS

Berita diatas adalah siaran pers (press release) yang secara resmi dikirim ke email redaksi. Tanggapan atasnya bisa dikirim melalui email: redaksi@sulbar.com

ARTIKEL TERKAIT
Di Acara Pelantikan, PPMI Pusat Akui DPD PPMI Sulbar
Wajah Baru nan Berpengaruh di Demokrat Sulbar
Ombudsman Minta KPID dan KIP Sulbar, Jamin Keterbukaan Informasi Dalam Pilgub Sulbar
DPRD Mateng Belajar Ke DPRD Mamuju
Syamsul Samad: Kemenangan Demokrat, Kemenangan Rakyat
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 744,637

web server monitoring service RSS