Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ] [ Maps ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Inggai para mattinja Para malloa-loa Batattaq bappa Mala dai si pake."
Marilah kita berikrar Sama berjanji Semoga hubungan yang penuh kenangan ini Dapatlah hendaknya terjalin dengan mesrah
PERISTIWA
Pemkab Mamuju Lestarikan Permainan Tradisional
SulbarDOTcom - Pemkab Mamuju Lestarikan Permainan Tradisional


 Penulis
: SIARAN PERS
 Senin, 17 Oktober 2016 01:27:05  | Dibaca : 1192 kali
 
Sulbar.com - Permainan tradisional yang bertahap menghilang apa lagi sejak munculnya smartphone yang menyediakan sarana game online gratis di tambah sosial media yang semakin berkembang. Olehnya itu Pemerintah Daerah Kab. Mamuju Melalui Dinas Pariwisata dan kebudayaan menyelenggarakan Manakarra Local Wisdom Festival Permainan Tradisional dalam acara yang berlangsung di Anjungan Pantai Manakarra Minggu, 16 – 17 Oktober 2016. Sejumlah  permainan tradisional seperti mogasing, kalacang, moressu, layang – layang, tekka, jekka, mobang – bang, motaru, tenteng, biho dan mosendal dimainkan .

Saat membuka acara tersebut wakil Bupati mengatakan bahwa Negara maju adalah Negara yang tidak akan pernah meninggalkan nilai – nilai tradisional, tentunya Irwan sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata yang bisa menambah Khazanah budaya, meskipun tidak semua permainan ada dan bahkan sudah termodifikasi bukan murni permainan budaya yang sebenarnya.

Sambungnya, Seperti yang sudah di ketahui membandingkan permainan sekarang yang serba internet dilengkapi fasilitas modren ketika dibandingkan dengan permainan tradisional, yang di uji dari permainan tradisional adalah sebuah ketangkasan, keterampilan, kejujuran, rasa sportivitas dan yang dipupuk disitu adalah kebersamaan tapi lainya halnya berbicara permainan modren seperti hidup di muka bumi sendirian, sibuk dengan dirinya sendiri tanpa peduli siapapun disekitarnya.

IMG_6205“harapan saya sebaiknya kepada guru – guru penggunaan handphone  khususnya di tingkat Sekolah Dasar harus dikendalikan, meskipun orang tua membutuhkan itu sebagai alat memantau si anak setidaknya handphone yang diberikan khusus untuk menelfon saja dan memberikan sesuatu ke anak sesuai dengan porsinya” Haturnya.

IMG_6237IMG_6253 Dalam acara tersebut juga di hadiri juga Ketua DPRD Mamuju Hj. Siti Suraidah Suhardi, SE.,M.Si, Sekretaris Daerah Kab. Mamuju, perwakilan Kodim 1418 Mamuju, Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan, Kepala pendidikan  pemuda dan olahraga, jajaran SKPD lainya mereka bernostalgia memainkan sejumlah permainan tradisional bersama para peserta festival di tingkat SD juga semakin menambah kemeriahkan festival yang akan berlanjut selama dua hari tersebut. (HMS. Lisa Sari Dewi Hasanuddin)
 
Tag : mamuju
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : SIARAN PERS

Berita diatas adalah siaran pers (press release) yang secara resmi dikirim ke email redaksi. Tanggapan atasnya bisa dikirim melalui email: redaksi@sulbar.com

ARTIKEL TERKAIT
Benahi Mamasa, Rupanya Ramlan Tak Hanya Pakai Demokrat
Usai Melantik, Anwar Ucapkan Terima Kasih pada Bupati
Selisih Puluhan Persen, SDK masih Ancam Posisi ABM
APMSB Menuntut Realisasi Janji Gubernur Sulbar
Sybli Ngaku Sering didatangi Orang-orangnya ABM
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 652,516

web server monitoring service RSS