Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Naiya Mara'dia, tammatindoi di bongi, tarrare di allo, namandandang mata dimamatanna daung ayu, dimalimbongna rura, dimadzinginna lita', diayarianna banne tau diatepuanna agama"
Sesungguhnya seorang raja, tidak akan terlena dalam lelap tidur di keheningan malam, tidak akan berdiam diri atau berpangku tangan di waktu siang hari, namun harus berpikir dan berupaya sera berikhtiar untuk meningkatkan hasil perikanan di tambak, terciptanya ketentraman dan kedamaian demi kelangsungan hidup manusia serta sempurnanya agama
PERISTIWA
Sewa Ambulan Puskesmas Dikeluhkan Masyarakat
SulbarDOTcom - Sewa Ambulan Puskesmas Dikeluhkan Masyarakat


 Penulis
: FRENDY CHRISTIAN
 Kamis, 10 November 2016 08:03:45  | Dibaca : 314 kali
 
Sulbar.com - Warga Kecamatan Mambi, keluhkan adanya pungutan sebesar 1 juta rupiah untuk biaya sewa ambulance oleh pihak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Mambi seperti yang disampaikan Taufiq Akbar warga Desa Bujung Manurung orang tua pasien yang mengaku dipunguti biaya saat menggunakan kendaraan ambulance tersebut.

Ia mengatakan, saat itu ia memeriksakan anaknya di Puskesmas Mambi yang mengalami penderitaan sesak napas, sehingga harus dirujuk ke RSUD Mamuju. Namun saat ingin membawa anaknya ke RSUD Mamuju tak ada kendaraan dan dirinya meminta pihak Puskesmas mengantarkannya dengan menggunakan mobil ambulance yang ada di Puskesmas tersebut.

Saat dirinya meminta mobil ambulance tersebut salah seorang pegawai puskesmas itu menjawab, kalau mobilnya mau dipakai, silahkan bayar Rp 600 ribu. Selain itu karena si anak tersebut tidak punya BPJS maka mereka diharuskan bayar lagi Rp 400 ribu, sehingga total yang mereka bayar Rp 1 juta.

Taufik mengatakan, lalu pertanyaan biaya BPJS sebayak Rp 400 itu dikemanakan. "Saya kesal, kenapa mahal sekali padahal inikan kendaraan khusus untuk pasiaen, saya mengerti kalau dikatakan harus menanggung bensin dan supir tapi tidak semahal itu, semestinya tidak semahal itu karena yang kami tanggung itu hanya bensin saja dan supir,” tuturnya.

Hal senada dikatakan masyarakat Saluassing Basri dirinya sangat menyesalkan hal itu. Seharusnya pihak puskesmas membantu masyarakat justru menyulitkan. "Saya tidak habis pikir kalau ada kepala puskesmas seperti ini, dan bagaimana kalau masyarakat yang harus dirujuk ke rumah sakit sementara tidak punya uang, ini yang perlu dipikirkan oleh pihak puskesmas," kesalnya

Lanjut Basri kalau pun menggunakan ambulance Puskesmas dikenakan biaya paling Rp 500 ribu dengan rincian uang bensin Rp 200.000 dan uang sopir Rp 200.000 dan lainnya 100 ribu. Sebaiknya Puskesmas dalam melayani pasien jangan seperti itu, kasihan kan keluarga pasien yang kurang mampu.
 
Tag : mamasa
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : FRENDY CHRISTIAN

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, dirinya juga banyak terlibat di berbagai kegiatan pencerahan dan penguatan kapasitas masyarakat dan di dunia kemahasiswaan di Mamasa
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 545,441

web server monitoring service RSS