Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"I Cicci paq manini Kaiyang simbolongnaq Di pettuppuang Diperauang sorong."
Si puteri kesayanganlah kelak Besar indah sanggulnya Dipertahankan/dikokohkan Dimintakan mas kawin
PERISTIWA
Dinsos Salurkan Bantuan PKH Tahap Ke-4 Tahun 2016
SulbarDOTcom - Dinsos Salurkan Bantuan PKH Tahap Ke-4 Tahun 2016


 Penulis
: FRENDY CHRISTIAN
 Rabu, 14 Desember 2016 01:49:15  | Dibaca : 347 kali
 
Sulbar.com - Dinas Soial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten (sosnakertrans) Mamasa salurkan bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) yang diserahkan langsung Bupati Mamasa, H. Ramlan Badawi secara simbolis di lapangan tennis mamasa selasa (13/12/2016).

Penyaluran tersebut merupakan bantuan sosial PKH tahap ke-4 tahun 2016 yang disalurkan kepada masyarakat miskin di 4 kecamatan yakni Kecamatan Mamasa, Tandukkalua, Tawalian dan Kecamatan Sesenapadang. Hadir dalam kegiatan tersebut segenap Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Mamasa dan peserta PKH.

Dalam sambutannya Kadis Sosnakertrans Kabupaten Mamasa, Hermin Lullulangi menyampaikan PKH merupakan bantuan uang tunai kepada keluarga sangat miskin berdasarkan syarat dan ketentuan yang ditetapkan dengan melaksanakan kewajibannya. Menurutnya program tersebut lebih dikenal dengan program bantuan tunai bersyarat. Adapun syarat yang dimaksud menurut Hermin ialah keluarga yang sangat miskin dengan memenuhi 1 komponen yakni diantaranya; Ibu hamil/nifas, memiliki anak balita, memiliki anak prasekolah, anak SD, SMP, SMA, orang tua lanjut usia (70 keatas) dan penyandang cacat berat, jelas Kadis Sosial.

Selain itu ia juga mengatakan sangat diharapkan PKH tersebut dapat mengurangi beban pengeluaran keluarga yang sangat miskin dalam jangka pendek dan memutus rantai kemiskinan dalam jangka panjang, "meskipun PKH termasuk program jangka panjang, namun kepesertaan keluarga harapan sifatnya tidak permanen karena kepesertaan penerima bantuan keluarga harapan selama 6 tahun selama mereka masih memenuhi persyaratan yang ditentukan, apabila tidak ada lagi persyaratan yang mengikat maka mereka harus keluar secara alami, untuk keluarga peserta PKH yang tidak keluar alamiah setelah 6 tahun diharapkan terjadi perubahan perilaku terhada peserta PKH dalam bidang pendidikan, kesehatan dan peningkatan status sosial," jelasnya.

Lanjut ia menjelaskan berkat permintaan Pemkab Mamasa melalui Dinsosnakertrans kepada Pemerintah Pusat, akhirnya tahun 2013 PKH mulai masuk di Kabupaten Mamasa dengan jumlah kepala keluarga (KK) sebanya 1.045 KK dengan jumlah bantuan sebesar Rp. 856.250.000,-  yang tersebar di 6 kecamatan yakni Kec. Mamasa, Mambi, Bambang, Pana, Aralle dan kecamatan Tabang. Pada tahun 2014 bertambah sebanyak 633 KK yang tersebar di 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Tandukkalua,  Rantebulahan Timur,  Sesenapadang, Tabulahan dan Buntu Melangka' dengan total bantuan sebanyak Rp. 2.764.891.000,- di 11 jecamatan. Hal itu dapat diterima atas kerja keras Bupati Mamasa karena menyiapkan dana sharing dan tentunya tidak diterima kalau tidak ada dana sharing, jelasnya.

Selanjutnya menurut Kadis Sosial, Tahun 2015 bertambah lagi 4 kecamatan dan untuk tahun 2016 dari 17 kecamatan sudah menerima manfaat program PKH, "hal ini merupakan kerja keras Bupati yang selalu mendampingi dalam penyediaan dana sharing sehingga untuk 2017 sudah ada 5.712 KK yang akan mendapat bantuan PKH dengan total dana sebanyak Rp. 8.732.417.750,-. Lanjutnya masih ada kekurangan terhadap persentasi Kabupaten Mamasa yang dianggap masih sangat rendah, idealnya untuk anggaran 8 M itu harusnya Rp. 430.000.000,-," ungkap Hermin.
 
Tag : mamasa
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : FRENDY CHRISTIAN

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, dirinya juga banyak terlibat di berbagai kegiatan pencerahan dan penguatan kapasitas masyarakat dan di dunia kemahasiswaan di Mamasa
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 565,840

web server monitoring service RSS