Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Inditia Tummuane Bannang Pute Sarana Melo Dicingga Melo Dilango-lango"
Ini dia lelaki Mandar, Pemberani dan pantang surut langkah, Siap menghadapi setiap tantangan yang menghadang, Apapun jua bentuknya
PERISTIWA
Kontainer Sebagai Ruang Laboratorium TI Unsulbar
SulbarDOTcom - Kontainer Sebagai Ruang Laboratorium TI Unsulbar
Ruang Kelas menggunakan Kontainer

 Penulis / Editor : Mr. Puang
 Minggu, 26 Februari 2017 20:28:14  | Dibaca : 180 kali
 
Sulbar.com - Saat ini Universitas Sulawesi Barat sebagai Kampus baru terus melakukan pembangunan untuk melengkapi sarana dan prasarana pendukung perkuliahan seperti halnya ruang kelas dan sebagainya.

Saat mengunjungi Kampus Unsulbar beberapa hari lalu, SulbarDOTcom menjumpai ruang perkuliahan yang unik, karena umumnya gedung perkuliahan biasanya dibangun seperti pada umumnya atau berupa gedung yang dibangun menggunakan batu bata dan campuran semen tetapi gedung ini menggunakan kontainer.

Bangunan laboratorium komputer ini dibangun masing-masing menggunakan gabungan 2 unit kontainer 40 feet hingga mendapat ukuran luas bangunan yang cukup untuk menampung sekitar 40 orang mahasiswa saat perkuliahan berlangsung, dilengkapi dengan fasilitas pendingin, komputer sesuai jumlah mahasiswa yang dapat di tampung sekitar 40 orang, smartboard serta fasilitas video konferensi.

Laboratorium komputer ini terdiri dari 4 ruang kelas menggunakan 8 buah kontainer ukuran 40 feet sehingga dapat menampung 160 orang mahasiswa Teknologi Informasi. Selain 4 ruang kelas terdapat 2 bangunan lain menggunakan kontainer ukuran 20 feet yang di gunakan sebagai ruang staff yang digabung dengan ruang server untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar dan satu bangunan lagi sebagai tempat penyimpanan batteray sebagai sumber listrik.

Kampus yang menggunakan kontainer ini menggunakan sinar matahari sebagai sumber listrik yang di kumpulkan melalui solar panel dan di simpan ke batteray penyimpanan agar dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan untuk berbagai kebutuhan perkuliahan, untuk menyalakan ac, komputer di masing-masing ruang belajar, lampu, smartboard serta peralatan video konferensi.

Kampus kontainer yang terletak di daerah ketinggian tersebut dapat dikatakan bangunan mandiri karena aliran listrik dari PLN belum tersedia bahkan masih dalam tahap perencanaan untuk pemasangan alur kabel listrik dari gardu listrik terdekat. Sumber listrik yang digunakan sebagaimana di jelaskan sebelumnya sepenuhnya menggunakan panas sinar matahari dan ditampung ke fasilitas penyimpanan berupa battery yang sanggup melayani kebutuhan listrik 4 ruang perkuliahan dan ruang server serta staff pengajar.
 
Tag : majene
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : Mr. Puang

Selain aktif menulis dan mencatat di SulbarDOTcom, dirinya juga dikenal sebagai pecinta informasi dan teknologi, programmer dan pengembang sistem informasi - www.puang.com
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 545,406

web server monitoring service RSS