Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Muaq tongano muane Pattandai mo-oq galung Nadiengei Sipettombangan cera."
Bila anda betul pahlawan Tunjukkanlah lokasi dan lapangan Akan di tempati Sama bergelimang di telaga darah
PERISTIWA
FDI Melaksanakan Pelatihan Penyusunan Proposal dan Pengabdian Masyarakat
SulbarDOTcom - FDI Melaksanakan Pelatihan Penyusunan Proposal dan Pengabdian Masyarakat
Pelatihan Penyusunan Proposal penelitian Masyarakat

 Penulis / Editor : Mr. Puang
 Selasa, 21 Maret 2017 21:54:08  | Dibaca : 263 kali
 
Sulbar.com - Hari ini, Selasa 21 Maret 2017 Forum Dosen Indonesia DPD-Sul-Bar mengadakan pelatihan “Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat” yang bertempat di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Marendeng Majene. Narasumber yang diundang adalah bapak Dr. Tenriware, S.Pi., M.Si, merupakan reviewer penelitian desentralisasi DRP2M Ristek Dikti, dan juga Anggota Pengurus FDI DPD Sul-Bar. Pelatihan diikuti oleh dosen-dosen yang berasal dari beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada Di Sulawesi Barat, seperti Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR), STIKES Marendeng Majene, dan AKPER YPPP Wonomulyo.

Pada acara pembukaan, ketua FDI DPD Sul-Bar, Irfan AP, S.T., M.MT, memberikan sambutan mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh peserta dosen yang telah hadir, dan antusiasme menjadi anggota FDI DPD Sul-Bar.

Selanjutnya, acara inti terdiri dari tiga sesi, pemaparan materi oleh narasumber, diskusi/tanya jawab dan coaching clinic. Ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh Dr. Tenriware yaitu (1) hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengusul proposal penelitian dan pengabdian masyarakat, (2)  tips dan cara menyusun proposal dengan baik, (3) bagaimana menginput data pada simlitabmas.ristekdikti.go.id, dan (4) Skema-skema penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Beliau mengatakan “biasakan membaca panduan pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dirilis oleh Ristek Dikti sebelum menyusun proposal, jangan sampai salah kamar, karena hal dasar seperti inilah yang kadang mebuat proposal kita tidak lolos”. Artinya, sebelum menyusun proposal, kita harus melihat penelitian dan pengabdian yang akan kita laksanakan bisa masuk di skema mana, dan apakah syarat dan ketentuan pada skema tersebut sesuai dengan background kita.

Materi yang dipaparkan cukup menarik, seperti yang dikatakan oleh salah satu peserta pelatihan dari STIKES Marendeng, Immawanti. Hal ini juga terlihat pada sesi tanya jawab atau diskusi, banyak peserta yang merespon dan bertanya sehingga diskusi terlihat alot tapi menarik dan menambah pengetahuan baru terutama hal-hal dasar yang biasa terlupakan saat menyusun proposal.

Diakhir acara, bapak Dr. Tenriware menyampaikan bahwa pendaftaran proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun anggaran 2017 akan dibuka tanggal 1 April mendatang. Dan beliau memberikan kesempatan kepada peserta Anggota FDI untuk bisa berdiskusi lebih lanjut dengan menujukkan proposal yang telah disusun untuk direview.

Semoga dengan adanya pelatihan ini, dapat meningkatkan pengetahuan dosen-dosen yang ada di Sulawesi Barat tentang penyusunan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat. Sehingga, jumlah pengusul dan proposal dosen yang lolos di tahun 2017 semakin meningkat.


 
Tag : majene
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : Mr. Puang

Selain aktif menulis dan mencatat di SulbarDOTcom, dirinya juga dikenal sebagai pecinta informasi dan teknologi, programmer dan pengembang sistem informasi - www.puang.com

ARTIKEL TERKAIT
SDK-Kalma Makin Mesra di Majene
Baliho ABM Dominasi Jalan Poros Polman-Majene
Pilgub, Orang Polman Dorong Kalma
Lagi, Anggota DPD Asal Sulbar Gelar Sosialisasi Empat Pilar
Setelah Hilang Tiga Hari, Nelayan Sendana Kini Ditemukan
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004 ...

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 604,495

web server monitoring service RSS