Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ] [ Maps ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Passambayang mo-oq dai Pallima wattu mo-oq Iyamo tu-uq Pewongan diahera."
Hendaklah anda tegakkan shalat Lima waktu selalu sempurna Sebab itulah bekal abadi Menuju hari kemudian
PERISTIWA
Kekerasan Jurnalis Terus Menuai Kecaman
SulbarDOTcom - Kekerasan Jurnalis Terus Menuai Kecaman


 Penulis
: FRENDY CHRISTIAN
 Selasa, 9 Mei 2017 09:53:26  | Dibaca : 215 kali
 
Sulbar.com - Aksi kekerasan pelemparan batu yang menimpa Risal Tangdiraba salah seorang wartawan freelance yang juga anggota Aliansi Jurnalis Independen Kota Mandar saat meliput demonstrasi di halaman Aula PPK Kota Mamasa, Selasa (2/5) lalu, kembali menuai kecaman. Kecaman itu berupa aksi demonstrasi yang digelar oleh puluhan mahasiswa di flay over Makassar, Senin (8/5). Dalam aksinya, mereka mengutuk dan mengecam keras tindakan kekerasan dan intimidasi yang dilakukan terhadap jurnalis dan mahasiswa di Mamasa.

Tidak itu saja, di hari yang sama, aksi serupa juga digelar oleh mahasiswa dan jurnalis yang tergabung dalam Solidaritas Aksi Mahasiswa dan Jurnalis Mamasa (Saksi Maju Mamasa) di Mamasa.

Aksi yang berada dibawah komando kooodintaor lapangan, Arnol Buntulangi itu dimulai dari Simpang Lima Kota Mamasa dan diikuti sekitar 30 orang mahasiswa dan jurnalis. Sekitar satu jam, mereka tampak berorasi di Simpang Lima, sebelum akhirnya bergerak ke kantor DPRD Mamasa.

Aksi yang dikawal ketat anggota kepolisian Polres Mamasa itu mengecam keras dan mengutuk tindakan intimidasi terhadap jurnalis dan pengekangan penyampaian pendapat dimuka umum.

Selain itu, mereka juga meminta pihak Pemkab dan legislatif Mamasa untuk ikut menolak dengan tegas, segala bentuk tindakan premanisme di Mamasa. Karena menurut mereka, hal itu telah mengekang penyampaian pendapat di muka umum.

Lebih jauh, mereka juga meminta kepolisian sungguh-sungguh mengawal setiap orang yang akan menyampaikan pendapatnya di muka umum. Mereka juga mendukung penuh Polres Mamasa untuk memproses laporan terhadap intimidasi dan pelarangan peliputan terhadap jurnalis di Mamasa itu.

Terhadap Bupati Mamasa, mereka mendesak untuk segera memberikan sanksi dan pembinaan terhadap pegawai yang melakukan tindakan kekerasan pada awal Mei itu.

Di DPRD Mamasa, Saksi Maju Mamasa diterima langsung oleh sejumlah anggota DPRD Mamasa diantaranya Eli Sambominanga, David Bambalayuk, Jhony Daud dan Yohanis Karatong.

Menyikapi pernyataan sikap Saksi Maju Mamasa, Ketua Komisi III DPRD Mamasa, David Bambalayuk mengatakan, pihaknya mendukung penuh langkah yang dilalui oleh pengunjuk rasa dalam menyampaikan tuntutannya.

Karena menurutnya, kekerasan yang dialami oleh kelompok mahasiswa dan oknum jurnalis beberapa waktu lalu dan dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab itu telah menodai demokrasi dan dengan sengaja melawan konstitusi.

Selain itu, David juga meminta, pihak kepolisian agar kekerasan yang dialami oleh mahasiswa dan jurnalis saat melakukan tugasnya itu segera diproses secara  hukum.

"Saya meminta kepolisian agar segera memproses pelaku kekerasan terhadap mereka yang ingin menghalang halangi penyampaian pendapat di muka umum," ungkap David  dihadapan pengunjuk rasa.

Hal serupa juga disampaikan Jonhy Daud dan Ely Sambominanga, keduanya mengaku mendukung aksi unjuk rasa yang digelar mahasiswa dan jurnalis itu, terlebih menurut keduanya, aksi kekerasan itu sangat mencederai proses demokrasi di Mamasa.

"Tindakan ini merupakan tindakan yang sangat tidak terpuji, yang seharusnya tidak dilakukan oleh oknum maupun kelompok masyarakat," kata Jonhy yang kemudian disahuti Eli Sambominanga yang mengatakan, "aksi solidaritas yang dilakukan Saksi Maju Mamasa baik secara institusi dan pribadi sangat kami dukung".
 
Tag : mamasa
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : FRENDY CHRISTIAN

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, dirinya juga banyak terlibat di berbagai kegiatan pencerahan dan penguatan kapasitas masyarakat dan di dunia kemahasiswaan di Mamasa

ARTIKEL TERKAIT
Hari Pertama Buka, Toko Alfamidi Di Mamasa Langsung Padat Pengunjung
Wabup Mamasa Meninggal, ABM dan Istri Sampaikan Bela Sungkawa
Penuntasan Sejumlah Kasus Dugaaan Korupsi Di Mamasa
Kinerja PLN Rayon Mamasa Disorot
Safari Ramadhan Mahasiswa Unasman Sasar Daerah Terpencil
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 744,590

web server monitoring service RSS