Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Nadiondoq-i I Cicci Na di damo-damoi Tuo marendeng Diang bappaq dalleq-na."
Diayun puteri kesayangan Dengan belaian kasih sayang Panjang umur Semoga mendapat rezeki
PERISTIWA
Unasman, Serius Jadikan Tammangalle Desa Binaan
SulbarDOTcom - Unasman, Serius Jadikan Tammangalle Desa Binaan


 Penulis
: SIARAN PERS
 Kamis, 18 Mei 2017 01:18:29  | Dibaca : 87 kali
 
Sulbar.com - Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) resmi menjadikan Desa Tamangalle sebagai desa binaan, itu ditandai telah dilakukannya penandatangan nota kesepahaman di Kantor Desa Tamangalle Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar (16/5) lalu.

Dalam acara penandatangan nota kesepahaman yang dimulai sejak pukul 13.00 siang itu, selain dihadiri Rektor bersama sejumlah civitas akademika Unasman tampak pula hadir sejumlah pejabat pemerintah baik tingkat kabupaten, Kecamatan Balanipa maupun Desa Tamanggalle.

Sekretaris Daerah Kabupaten Polewali Mandar, Andi Ismail dalam sambutannya mengaku amat berterima kasih kepada pihak Unasman yang telah memiliki kepeduliannya sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi yang menjalankan unsur pengabdian kepada masyarakat dengan memilih salah satu desa di wilayah Polman sebagai fokus desa binaannya.  

Selain itu, Ismail juga berharap ihwal yang telah dikerjasamakan itu segera dapat  ditindaklanjuti. "Kita berharap komitmen kita hari ini segera dapat ditindak lanjuti, tidak seperti kebanyak institusi pendidikan tinggi sebelumnya, yang sesudah MoU lantas tidak ada tindak lanjutnya," tutur Sekda yang juga Mantan Kepala Dinas Kehutanan ini.

Sementara itu, Rektor Unasman, Chuduriah Sahabuddin dalam sambutannya mengatakan, peletakan Desa Tammangalle sebagai desa binaan itu merupakan manifestasi dari Tri Dharma perguruan tinggi di bidang pengabdian masyarakat sebagai tertuang di dalam rencana strategis pengabdian masyarakat.

"Kegiatan ini adalah tindak lanjut Renstra, artinya kegiatan kita hari ini bukanlah kegiatan tiba-tiba. Namun ini telah dirancang dan direncakan secara matang jauh hari sebelumnya," tuur kandidat Doktor UNM.

Lebih lanjut dikatakan, penanda tanganan nota kesepahaman yang dilakukannya itu, sebenarnya telah dibicarakan sejak tahun 2016 lalu. "Bahkan dosen-dosen dari 12 Jurusan sebelumnya telah pula kami turunkan kesini di Desa Tammangalle ini untuk melakukan observasi awal. Dari situ kemudian melahirkan program kerja yang akan kita sama kerjakan ke depan, berdasarkan pada apa yang telah kita komitmenkan hari ini melalui penandatanganan ini," ujarnya.

Patut diketahui, masih menurut Chuduriah, program desa binaan Unasman kali ini lebih mengkhusus pada pencapaian program unggulan serta visi misi desa. Berbeda dengan program desa mitra yang telah dirintis sebelumnya.

Dalam acara yang tampak dipadati dengan kehadiran sejumlah warga Desa Tamangalle itu juga dirangkaikan pula dengan acara peletakan batu pertama pemasangan pagar kompleks makam raja Balanipa ke-25 sebagai salah satu situs sejarah.

"Tentunya hal ini merupakan langkah kepedulian Unasman bagi situs sejarah sekaligus memuat harapan, kiranya semua pihak, utamanya pemerintah kiranya bisa lebih peduli terhadap kegiatan pemeliharaan situs sejarah yang syarat akan makna tersebut," urai Rektor Unasman.

Dalam kesempatan yang sama, Husain Nawawi Kepala Desa Tamangalle mengatakan, ada banyak desa saat ini yang kesulitan dalam mengembangkan dirinya tanpa pendampingan.  Sehingga Desa Tamangalle saat ini mencoba menjalin kemitraan dengan Unasman.

"Dan melalui program kemitraan ini kita berharap menemukan program unggulan desa. Seperti fokus pada pengembangan wisata budaya, perkampungan tenun sutera mandar, dan berbagai program ikutan lainnya. Nah, semua itu kita harapkan dapat segera kita wujudkan melalui kerjasama ini," urai Husain di acara yang juga dihadiri Arifin Halim Camat Balanipa bersama Kapolsek Balanipa itu.
 
Tag : polman
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : SIARAN PERS

Berita diatas adalah siaran pers (press release) yang secara resmi dikirim ke email redaksi. Tanggapan atasnya bisa dikirim melalui email: redaksi@sulbar.com
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 565,801

web server monitoring service RSS