Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ] [ Maps ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Muaq tongano muane Pattandai mo-oq galung Nadiengei Sipettombangan cera."
Bila anda betul pahlawan Tunjukkanlah lokasi dan lapangan Akan di tempati Sama bergelimang di telaga darah
PERISTIWA
Polres Polman - IAI DDI Jajaki Kerjasama
SulbarDOTcom - Polres Polman - IAI DDI Jajaki Kerjasama


 Selasa, 4 Juli 2017 08:27:05  | Dibaca : 167 kali
 
Sulbar.com - Polres Polewali Mandar bersama Kampus Institut Agama Islam (IAI) Darud Dakwah wal Irsyad (DDI) Polewali jajaki kerjasama. Hal itu terungkap melalui acara kunjungan silaturrahmi Kapolres Polman AKBP Hanny Andika Sarbini di Kampus IAI DDI yang diterima langsung oleh Rektor IAI DDI Abd Salam Harianto, Senin (3/7).

Sejumlah kerjasama yang sedang dijajaki itu salah satunya adalah kemungkinan untuk membangun kerjasama antara ibu-ibu bayangkari dengan ibu-ibu pengurus wilayah muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Sulbar.

"Saya kira kehadiran kami disini, selain agar kita bisa lebih akrab dan lebih nyambung. Kami juga tahu persis di Kampus IAI ini ada banyak sumber daya manusia. Ada tidak yang bisa dicantolkan dan dikerjasamakan. Nah, disini ada ibu pengurus wilayah Muslimat NU, mungkin bagaimana ibu-ibu bayangkari dengan pihak muslimat NU melakukan kerjasama," urai Hanny.

Sementara itu, Rektor IAI Abd Salam Harianto dalam acara silaturrahmi yang berlangsung santai itu juga berharap, pihak Polres Polman dan IAI DDI bisa memprogramkan bersama surat ijin mengemudi (SIM) masuk kampus dan penguatan kapasitas satuan pengamanan (satpam) kampus IAI DDI Polman.

"Mengingat anak-anak kami mahasiswa IAI ini adalah pengguna jalan, maka mungkin ada bagusnya jika ada program dari Polres Polman semacam SIM masuk kampus. Termasuk program pelatihan peningkatan kapasitas satpam yang ada di kampus kami ini," harap Salam.

Dai Kantibmas

Senada dengan itu, Muhammad Arsad, Wakil Rektor Tiga IAI DDI yang juga hadir dalam acara itu, juga menyarankan, selain program SIM masuk kampus, sekiranya juga bisa dikerjasamakan dengan Polres Polman program dai kantibmas.

"Saya pikir ini penting, jadi nanti ada program dai yang akan turun menyasar delapan ratusan lebih masjid yang ada di Polman dengan menyampaikan pesan-pesan dakwah yang bermuatan keamanan dan ketertiban masyarakat. Termasuk dai yang mampu mencounter maraknya paham-paham radikal yang kini banyak mencekoki masyarakat kita," saran Arsad.

Selain menjajaki kerjasama program SIM masuk kampus, peningkatan kapasitas satpam dan dai kantibmas itu, unsur pimpinan fakultas hukum IAI DDI yang juga hadir pada acara itu menyarankan, kerjasama dengan fakultas hukum IAI dalam penanganan perkara bagi masyarakat yang kurang mampu. Mengingat fakultas hukum IAI DDI telah memiliki lembaga kajian dan bantuan hukum (LKBH) yang kini memiliki tujuh orang tenaga advokat yang siap untuk diturunkan. Termasuk kerjasama penanggulangan narkoba, terorisme dan kenakalan remaja.

Mendengar sejumlah saran dari kampus IAI DDI itu, Kapolres Polman langsung memberikan responnya dan mengaku segera akan menindak lanjuti gagasan kerjasama yang berkembang melalui acara kunjungan silaturrahmi itu, dalam bentuk penandatanganan memorandum of understanding (MoU).

"Iya, nanti kita sisa formalkan saja. Termasuk penanggulangan narkoba, terorisme, kenakalan remaja. Di Polres Polman, kami punya sumberdaya itu. Yang penting sekarang sudah ada komunikasi, nanti kita ekspose bersama kalau sudah ada MoU antara pihak kampus dengan kami. Yang penting ada MOU. Intinya, iya kami siap dan bagus itu. Minimal nanti ada tiga jenis MOU tentang penyidikan, kantibmas dan pendidikan yang akan kita kerjasamakan," beber Hanny.  

Kabupaten Berbudaya

Sementara itu, masih dalam acara kunjungannya, Hanny juga menyampaikan komitmennya untuk mengangkat Polman sebagai kabupaten berbudaya.

"Kita harus angkat Polman agar lebih berbudaya, bermartabat dan berilmu. Saya sepakat, jika nanti di tanggal 23 juli mendatang semuanya  telah jadi dalam bentuk MoU dan kita sisa melakukan penandatanganan bersama. Saya pengen ada sinergitas dengan semua pihak. Dan kehadiran kami di Polman sungguh bisa dirasakan oleh semua masyarakat. Saya berharap MoU nanti, jangan hanya seremonial saja, tetapi berkelanjutan," tandasnya.

Sebelum acara silaturrahmi diakhiri, Kapolres Polman berkomitmen untuk segera menindak lanjutinya dengan menggelar pertemuan dengan sejumlah perwira yang ada di Polres Polman untuk membicarakan ihwal pointer yang akan dikerjasamakan itu.

"Iya, sepulang dari sini saya akan segera gelar pertemuan di Polres Polman untuk membicarakan serius apa yang kita bicarakan ini," imbuh Hanny.
[yat/yat]
 
Tag : polman
 

ARTIKEL TERKAIT
Menyambut Pembentukan KIP Provinsi Sulawesi Barat
Di Pesantren Salafiyah, Ansor Polman Gelar Salat Gerhana Matahari
Bentuk UKM Pers Mahasiswa, BEM STIKES Biges Polman Gelar Diklat Jurnalistik
Ketika Mahasiswa Berguru ke Desa
Tampik Issue Renggang, Polres -Dandim 1402 Apel Bersama
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 752,933

web server monitoring service RSS