Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ] [ Maps ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Mesa kada dipatua, pantang kada dipomate"
Berpegang teguh pada satu kata, ingkar janji taruhannya adalah nyawa
FEATURE
Haflah Tilawah Al Quran Tasyakuran Cinta
SulbarDOTcom - Haflah Tilawah Al Quran Tasyakuran Cinta


 Selasa, 15 Agustus 2017 19:22:02  | Dibaca : 156 kali
 
Sulbar.com - Malam belum juga gelap benar. Kesibukan mulai tampak di rumah Ustad Firman Razak imam dua masjid raya Merdeka Wonomulyo. Sejumlah remaja masjid raya Merdeka Wonomulyo tampak menyiapkan tenda terowongan dan memasang genzet serta bohlamp neon di beberapa sudut tiang tenda.

Sedang kreuw sound sistem yang biasa dipakai untuk acara pengantenanpun telah mulai membenahi peralatannya. Sesekali terdengar suara dari loodspeaker berkekuatan sedang itu menggema. Seorang kreuw sound tengah mengetes kemampuan suara sound sistemnya.

Usai shalat isya, sejumlah jamaah tampak mulai berdatangan. Ada yang mengenakan busana muslim layaknya orang yang hendak mengikuti pengajian. Tapi tak sedikit pula yang hanya mengenakan batik dan kopiah bahkan ada pula yang hanya mengenakan jaketnya.

Menariknya acara yang bertema tasyakkkuran cinta yang dirangkaikan dengan acara aqiqah anak Firman Razak itu dihadiri 15 qori, qoriah dan hafidz nasional internasional dari dua provinsi yakni Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Firman Razak, penyelenggara acara bersama pengurus, remaja dan jamaah masjid Merdeka Wonomulyo itu mengatakan, acara itu spontan saja digelar yang kebetulan dirangkaikan dengan acara aqiqah anaknya.

"Awalnya ini hanya acara aqiqah saja, tetapi karena teman-teman qori dan qoriah serta para hafidz berdatangan baik dari daerah kita di Sulbar sini, juga dari Sulawesi Selatan yang sekalian kami setting acaranya menjadi dirangkaikan pula dengan haflah tilawah Al Quran," ujarnya di Sugih Waras Wonomulyo tempat penyelenggaraan acara itu dilangsungkan.

Menurutnya, momentum pertemuan itu adalah momentum yang langka yang bisa mempertemukan 15 qori dan qoriah serta para hafidz dalam satu acara, karenanya ia berinisiatif untuk menggelar haflah tilawah al quran.

Dalam haflah yang digelar itu, selain menampilkan 15 qori dan qoriah serta para hafidz tingkat nasional dan internasional yang tampil secara bergantian di atas panggung seadanya. Pada penghujung acara digelar pula pembacaan alquran tiga orang qori secara bersamaan.

Dari 15 qori dan qoriah serta hafidz nasional internasional yang hadir antara lain, Muhammad Affandi qori dan hafidz nasional Sulbar pada MTQ di Ambon tahun 2012, Nastainul Haq qori dan hafidz nasional Sulsel pada MTQ di Banten tahun 2008, Muhammad Anas qori nasional Sulsel, Muhammad Assiri Thahir qori dan hafidz nasional Sulbar pada MTQ tahun 2000 dan MTQ Kalimantan Utara, Muslim Buchari qori Sulsel pada MTQ RRI, Sulkipli Taufik Qori Internasional di Tunisia tahun 2014, Muammar Thahir juara satu pada beberapa kali MTQ di tingkat nasional, Hj. Nurhidayah Sulaiman qori internasional yang pernah menjadi juara satu Malaysia dan Thailand.

Sisanya Firman Razak qori nasional Sulbar pada qiraah sabah di Batam tahun 2014, Burhan Abdullah qori nasional Sulbar MTQ Bangka Belitung tahun 2013, Muhammad Hidayat qori nasional Sulsel pada MTQ nasional tingkat remaja tahun 2014, Aiman Hamzah Hafidz juara satu nasional tahun 2006, Mardan juara MTQ tahun 2015, Fajriati Nur qori nasional juara satu tingkat remaja di Bengkulu tahun 2010, Arfah Mansyur hafidz 30 juz Sulsel.

Dalam acara yang berlangsung bersahaja dengan hanya bermodalkan genzet serta panggung seadanya dan bohlamp jenis neon itupun tidak lantas mengurangi khusyuknya. Itu terbukti dari sejumlah undangan yang hadir, tidak sedikit yang tampak meneteskan air mata saat para qori melantunkan bacaan ayat suci Al Quran.

Bahkan H. Mimsyad Rusli, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Kantor Kementerian Agama Polewali Mandar yang juga hadir pada acara pada malam Ahad, 5 Agustus lalu itu mengaku, bangga dengan acara yang dibesut oleh pengurus, remaja dan jamaah Masjid Merdeka Wonomulyo itu.

"Saya berbangga dengan adanya acara ini, karena selain kita bisa menyaksikan langsung para qori dan qoriah serta hafidz nasional internasional terbaik kita membacakan ayat-ayat suci Al Quran.  Melalui acara ini juga kita bisa merasakan betapa agung dan luhurnya Al Quran. Utamanya ditengah gebyar penutupan PIFAF 2017 di Polewali, disini di Wonomulyo dalam kondisi yang bersahaja secara spontan kita bisa menikmati pembacaan Al Quran dengan hati dari para qori dan hafidz," ujar Mimsyad.

Ia berharap acara seperti itu bisa ditradisikan, "semoga ini bisa dibudayakan dan ditradisikan untuk melahirkan generasi qurani.

Disini kita menghibur hati merindukan Allah dengan mendengarkan lantunan ayat suci."

Senada dengan itu, Khalid Rasyid kepala Kantor Urusan Agama Campalagian yang tampil sebagai pemandu acara malam itu mengatakan, "kendati acara haflah tilawah al quran ini hanya ditemani serangga malam dari sawah seusai panen dan digelar serba sederhana.

Namun tidak lantas mengurangi nilai kahadiran kita, yang saya percaya betul, berangkat dari itikad baik kita untuk merasakan dan menikmati pembacaan alquran dengan hati."

Tidak saja memandu acara, Khalid Rasyid bahkan juga ikut memaparkan kajian kontekstual setiap para qori dan qoriah serta hafidz selesai membacakan lantunan ayat suci al quran.
Membuat kemeriahan dalam kesederhanaan acara itu kian terasa mewah. Terlebih acara itu diawali dan ditutup pula dengan shalawatan dan berakhir tepat pukul 24.00 Wita.

Dan Khalid Rasyid dalam kata penutupnya mengatakan,"inilah kenduri cinta kita, atau pesta sederhana para pecinta yang dipertemukan karena kecintaan kita kepada al quran." [yat/yat]
 
Tag : polman
 

ARTIKEL TERKAIT
Pesantren Al Ihsan Kenje Peringati Haul ke-8 Annangguru Baharuddin
Rusnaedi Kritisi Rencana Pemerintah Menaikkan TDL
Sawit Watch-Walhi Sulbar Dorong Perda Perlindungan Pangan Lokal
Tafakkur Budaya Teater Flamboyant Hadirkan KPID dan Ketua DPRD Majene
Nurhidayat Gadis Manis Pecinta Binatang
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 652,492

web server monitoring service RSS